Sekilas Tentang Sistem Kombusi Tertua, Cikal Kontroversi ‘Motor Pertama’ di Dunia

Sekilas Tentang Sistem Kombusi Tertua, Cikal Kontroversi ‘Motor Pertama’ di Dunia

Perkembangan teknologi sepeda motor yang kian maju dan sejuta inovasi terbaru tidak akan pernah lekang dari sejarah panjang produksi sepeda motor yang sudah berjalan ratusan tahun lamanya. Dan dari sekian besar produksi motor yang ada, berikut adalah motor cikal yang menjadi “nenek moyang” mesin-mesin terbaru saat ini.

Motor berbentuk unik ini disebut dengan Daimler Petroleum Reitwagen yang berarti ‘mengayuh mobil’. Varian ini pertama kali diciptakan oleh Gottlieb Daimler dan Willhelm Maybach di tahun 1885 dengan pola permesinan yang masih sangat sederhana. Oleh sebab itulah, Daimler lantas disebut sebagai ‘bapak sepeda motor’ yang berhasil menjembatani lahirnya motorcycle pertama di dunia.

Penamaan Reitwagen sebagai ‘sepeda motor pertama’ di dunia sebenarnya sempat menuai kontroversi, karena saat itu, Michaux-Perreauax, Roper dan Copeland, sudah pernah diciptakan dengan roda dua dan mesin bertenaga uap. Akan tetapi, predikat sebagai ‘motor pertama’ tidak serta merta bisa dibubuhkan kepada ketiganya mengingat terdapat beberapa kriteria penting dalam penyebutan sebuah kendaraan untuk bisa dikatakan sebagai ‘sepeda motor’ pada saat itu.

Di dalam kamus besar Oxford English Dictionary disebutkan bahwa sepeda motor harus memiliki sistem pembakaran. Dan kebetulan Reitwagen sudah menggunakan sistem pembakaran internal. David Burges-Wise bahkan menimpali bahwa kendaraan ciptaan Daimler-Maybach tersebut sudah bukan lagi sepeda kayuh, melainkan murni sepeda motor.

Kesimpulan paling konkret justru dilontarkan oleh Editor senior bagian teknikal Cycle World, Kevin Cameron, yang mengatakan bahwa era mesin uap sudah berakhir dan Reitwagen merupakan inovasi yang pantas disebut “sepeda motor” pertama di dunia.

Tapi uniknya, sebelum tahun 1885 dan Reiwagen dinyatakan lahir secara resmi, Enrico Bernardi menciptakan motor roda tiga dengan satu silinder yang disebut dengan Motrice Pia pada tahun 1882. Beberapa sumber menyebutkan jika inilah motor dengan kombusi berbahan bakar bensin pertama. Dan faktanya memang Motrice Pia tercatat sebagai kendaraan pertama yang memakai kombusi internal.

Namun sayangnya, Motrice Pia tidak banyak dibahas oleh sumber-sumber mainstream dan perlahan luntur ditelan zaman. Ketika banyak media banyak membandingkan antara mesin uap Michaux-Perreaux dan Roper dengan Reitwagen, Motrice Pia justru hampir sangat minim tersentuh.

source :
https://v9nnprn5homp5t.storage.googleapis.com/index_99.html
https://08i9uwmu9isvgs.storage.googleapis.com/index_100.html
https://k30npvtwi2560t.storage.googleapis.com/index_101.html
https://u8c0ueejbtz2xt.storage.googleapis.com/index_102.html
https://40phyk7cjrbaj1.storage.googleapis.com/index_103.html
https://68ja0c7fcgzvpi.storage.googleapis.com/index_104.html
https://ysz5k2wefg82mc.storage.googleapis.com/index_105.html
https://0xq8sq3ife76cn.storage.googleapis.com/index_106.html
https://lka321s6e3yps9.storage.googleapis.com/index_107.html
https://r7i5j2m0pjuqex.storage.googleapis.com/index_108.html